Israel Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah yang Masuk Wilayahnya

85856995-e864-49a3-9887-fe6dfa743131_169

PT BESTPROFIT Militer Israel menembak jatuh sebuah jet tempur Suriah yang masuk ke wilayah udaranya. Namun otoritas Suriah bersikeras jet tempurnya ada di dalam wilayah Suriah.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Rabu (25/7/2018), jet tempur Sukhoi buatan Rusia yang digunakan militer Suriah itu masuk hingga sejauh 2 kilometer ke dalam wilayah udara Israel pada Selasa (24/7) sore waktu setempat. BEST PROFIT

Angkatan Bersenjata Israel (IDF) menuturkan, dua rudal Patriot ditembakkan militer Israel untuk menjatuhkan jet tempur Suriah itu. Disebutkan IDF bahwa rudal-rudal mereka mengenai jet Suriah saat terbang kembali ke wilayah udara Suriah. Sebelum menembakkan rudal pencegat, Israel berkomunikasi dengan Rusia untuk memastikan jet tempur itu milik Suriah dan bukan bagian Angkatan Udara Rusia. BESTPROFIT

IDF juga menyatakan pihaknya tidak tahu apa yang terjadi pada pilot jet tempur itu. Namun seorang sumber non-Suriah yang dekat dengan pemerintahan Suriah menuturkan kepada Reuters, pilot jet tempur Suriah telah tewas.

Sumber itu menyebut jet tempur Suriah jatuh ke wilayah yang dikuasai pasukan afiliasi Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Militer Suriah berusaha masuk ke wilayah itu untuk merebut kembali kendali penuh.

Insiden ini terjadi di atas wilayah Dataran Tinggi Golan yang sejak lama terbagi menjadi dua, yakni wilayah yang dikuasai Israel dan Suriah. Israel khawatir Presiden Suriah Bashar al-Assad akan melanggar kesepakatan gencatan senjata tahun 1974 yang juga mengatur demiliterisasi wilayah Golan, dengan membiarkan sekutunya Iran atau Hizbullah mengerahkan personel ke sana.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyebut jet tempur Suriah telah melakukan ‘pelanggaran terang-terangan atas pemisahan pasukan antara kita di Suriah’. Ditegaskan Netanyahu bahwa Israel ‘mengambil tindakan yang pantas’.

Dalam pernyataan terpisah, media nasional Suriah menyatakan jet tempur yang ditembak jatuh itu sedang melakukan gempuran di wilayah udara yang dikuasai Suriah. Jet tempur Suriah itu disebut sedang melakukan operasi melawan ‘kelompok teroris’ di wilayah tersebut.

“Musuh Israel menargetkan salah satu pesawat tempur kita yang sedang melancarkan gempuran udara terhadap kelompok-kelompok ini (teroris-red) di area Saida, pinggiran al-Yarmouk Basin di wilayah udara Suriah,” tegas sumber militer Suriah yang dikutip televisi nasional Suriah.

“Musuh Israel mengonfirmasi dukungannya bagi kelompok teroris bersenjata,” sebut kantor berita SANA yang mengutip sumber militer Suriah.

Yarmouk merupakan salah satu dari beberapa wilayah di Suriah bagian selatan yang belum berhasil direbut kembali oleh pemerintah Suriah. Militer Suriah dengan didukung militer Rusia melancarkan operasi besar-besaran di area itu beberapa hari terakhir untuk merebut kembali wilayah tersebut.

 

Sumber : Detik

 

Leave a comment