Bullish dan Bearish Emas Berjuang Untuk Pergerakan $ 50 Berikutnya

Tidak ada keuntungan jangka pendek yang jelas di pasar emas karena investor bullish dan bearish berjuang untuk pergerakan $ 50 berikutnya, menurut hasil terbaru dari survei berita  mingguan Emas Kitco. BEST PROFIT

Meskipun tidak ada mayoritas di antara analis Wall Street dan investor ritel, investor bullish memiliki sedikit keuntungan dalam hal sentimen minggu ini. Namun, pertempuran emas sedang diperebutkan resistensi di level $ 1.900 per ons dan dukungan pada level $ 1.850 per ons.

Perdagangan sideways emas tampaknya paling membebani investor ritel; sentimen bullish berada di level terendah sejak Mei 2019. Meskipun analis mencari penembusan, beberapa tidak berharap itu akan terjadi dalam waktu dekat.

œSaya pikir emas terjebak dalam kisaran ini, dan kami akan tetap di sini sampai kami mendapatkan beberapa informasi baru, kata Kevin Grady, presiden Phoenix Futures and Options. “Agar emas bisa menembus di atas $ 1.900, kita perlu melihat beberapa berita tentang langkah-langkah stimulus baru, tapi sepertinya itu bukan prioritas saat ini.” BESTPROFIT

“Jika support grafik utama di $ 1,848.00 pada kontrak berjangka bulan Desember ditembus, bearish akan mendapatkan kekuatan untuk menunjukkan penurunan harga baru dalam waktu dekat,” kata Jim Wyckoff, analis teknis senior di Kitco.com.

Minggu lalu 17 analis berpartisipasi dalam survei. Sebanyak delapan pemilih masing-masing, atau 47%, menyerukan harga emas naik minggu ini; sementara itu, lima analis, atau 29%, menyerukan harga yang lebih rendah; empat analis atau 24% netral terhadap emas.

Sementara itu, total 1.539 suara diberikan dalam seminggu terakhir ini dalam survei online. Di antara mereka, 642 pemilih, atau 42%, mengatakan mereka bullish pada emas minggu ini. 594 peserta lainnya, atau 39%, mengatakan mereka bearish, sementara 303 pemilih, atau 20%, netral pada logam mulia. PT BESTPROFIT

Pasar emas terlihat mengirim minggu lalu dengan kerugian kedua berturut-turut. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada $ 1,871.20 per ons, turun 0,79%.

Meskipun emas mengakhiri pekan lalu di wilayah negatif, beberapa analis mencatat bahwa pasar menunjukkan kekuatan yang cukup kuat mengingat berita vaksin yang sedang berlangsung yang telah mendominasi sentimen investor.

œCerita tentang emas belum hilang; ini baru saja dihentikan sementara karena investor dan pasar mencari keadaan normal dalam perekonomian, kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank. PT BEST PROFIT

Hansen mengatakan ada risiko bahwa harga emas dapat terus melemah karena semakin banyaknya berita vaksin yang meningkatkan optimisme investor; Namun, dia menambahkan bahwa masih banyak ketidakpastian dan stimulus di pasar sehingga harga emas turun secara signifikan.

“Saya bullish pada emas, tapi saya tidak terburu-buru untuk membeli,” katanya. “Saya akan melihat penurunan di bawah $ 1.850 dan pengujian rata-rata pergerakan 200 hari sebagai peluang pembelian.”

Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex, mengatakan bahwa dia juga mengamati support sekitar level $ 1.850. PT BESTPROFIT FUTURES

œSaya khawatir dukungan di wilayah 1848-1850 harus diuji ulang dan kemungkinan dilanggar sebelum bisa dibuat basis yang kokoh, ujarnya.

Grady mengatakan bahwa meskipun dia netral terhadap emas dalam waktu dekat, dia terus melihat potensi harga yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

“Emas tidak mencapai level ini karena pandemi,” katanya. “Emas mencapai level ini karena mata uang telah didevaluasi dan mereka akan terus didevaluasi setelah kita menangani pandemi.”

Darin Newsom, presiden Analisis Darin Newsom, mengatakan bahwa meskipun emas tertahan dalam kisaran tertentu, pasar tampaknya menciptakan beberapa momentum naik untuk menguji kembali resisten di $ 1.900. BEST PROFIT FUTURES

Dalam jangka panjang, dia mengatakan bahwa dia mengharapkan harga emas untuk menguji ulang level tertinggi bulan Agustus sebelum akhir tahun dan melihat tekanan jual yang lebih signifikan.

“Emas memiliki ruang untuk bergerak lebih tinggi, tetapi volatilitas akan turun dan sejumlah besar kekacauan akan membuat pasar ditinggalkan dan kita bisa melihat beberapa penjualan setelah 20 Januari,” katanya. œJika Anda melihat tembaga. Kami telah melihat pergerakan besar dalam tembaga karena pasar merasa senang dengan ekonomi global dan itu tidak akan baik untuk emas.” PT BEST PROFIT FUTURES

Sumber: Kitco News

Leave a comment