Mobil Tanpa Sopir Uber Tewaskan Pejalan Kaki

59564773-545f-485c-9ebd-d3ee4af35abe_169

PT BESTPROFIT Sebuah mobil Uber tanpa pengemudi (self-driving car) menabrak dan menewaskan seorang wanita yang tengah menyebrang jalan di Arizona, Amerika Serikat (AS), kata petugas polisi hari Senin (19/3/2018). Kecelakaan itu adalah kematian pertama yang disebabkan kendaraan tanpa pengemudi dan berpotensi menjadi ujian terhadap teknologi yang diharapkan dapat mengubah sektor transportasi ini. BEST PROFIT

Perusahaan jasa transportasi itu menghentikan sementara uji coba kendaraan tanpa sopirnya di Amerika Utara yang sebelumnya berlangsung di Arizona, Pittsburg dan Toronto di Kanada, dilansir dari Reuters. BESTPROFIT

Ketika telah sepenuhnya dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Uber, Alphabet, dan General Motors, kendaraan yang disebut mobil robot itu diharapkan secara tajam menurunkan angka kematian akibat kecelakaan dan menciptakan sebuah bisnis bernilai miliaran dolar.

Namun, kecelakaan hari Senin itu justru memunculkan beberapa tantangan terhadap teknologi tersebut karena mobil yang dikembangkan menghadapi situasi yang melibatkan manusia di dunia nyata. PT BESTPROFIT FUTURES

Padahal, para legislator di AS sedang memperdebatkan aturan yang akan mempercepat pengenalan mobil tanpa sopir kepada masyarakat.

“Kecelakaan yang tragis ini menggarisbawahi mengapa kita perlu sangat berhati-hati ketika menguji dan menurunkan teknologi kendaraan tanpa sopir di jalan umum,” kata Senator Demokrat Edward Markey dalam sebuah pernyataan.

Elaine Herzberg, 49, sedang menuntun sepedanya di luar jalur penyeberangan jalan berlajur empat di Phoenix, Arizona, sekitar pukul 10 malam hari Minggu (18/3/2018) ketika sebuah mobil Uber berkecepatan 65 km/ jam menabraknya, kata polisi. Mobil tersebut tanpa sopir dan seorang operator mengendalikannya.

Herzberg kemudian meninggal dunia akibat cedera yang dideritanya di rumah sakit.

Polisi belum mengetahui seberapa dekat Herzberg dengan mobil tersebut ketika ia menyeberang jalan. Polisi yakin Herzberg adalah seorang tunawisma.

Volvo, merek mobil Swedia yang dimiliki pabrikan China, Geely, mengonfirmasi mobil jenis SUV XC90 miliknya terlibat dalam kecelakaan itu namun piranti lunak (software) yang mengontrol mobil bukanlah miliknya.

Otoritas keamanan federal AS mengirimkan timnya untuk menyelidiki kecelakaan itu. Kementerian transportasi Kanada di Ontario, tempat Uber melakukan uji coba, juga mengatakan sedang mempelajari kejadian itu.

 

Sumber : Detik

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s