Facebook Resmi Buka Kantor di Indonesia

2171245431

PT BESTPROFIT Facebook resmi membuka kantor barunya di Indonesia, Senin (14/8/2017). Kantor tersebut terletak di gedung perkantoran Capital Place Lantai 49, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, mengatakan Facebook sebenarnya sudah beroperasi di Indonesia sejak 2014 lalu. Akan tetapi, kala itu, kantor Facebook di Indonesia hanya bersifat perwakilan saja. Kantor perwakilan itu tidak melakukan kegiatan operasional perusahaan. BEST PROFIT

“Investasi di sini jadi prioritas utama, karena Indonesia memang pasar yang sangat besar. Jadi setiap ada kesempatan kami masuk, tapi tidak bisa menjelaskan lebih detail (soal klasifikasi bisnis baru maupun operasional),” kata wanita yang biasa disapa Wido ini, saat bincang dengan jurnalis, di kantor Facebook Indonesia. BESTPROFIT

“Di Indonesia, fokus kami membangun komunitas dan bisnis, baik besar dan kecil. Kami juga akan membangun ekosistem di sini,” imbuhnya. PT BESTPROFIT FUTURES

Wido enggan menyebutkan seberapa banyak karyawan lokal yang bakal diserap dengan adanya kantor baru tersebut. Selain karyawan lokal, ada kemungkinan Facebook mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri untuk memberikan pelatihan tertentu. BESTPROFIT FUTURES 

“Nantinya sesuai dengan kebutuhan saja,” tutur Wido.

Facebook membuka kantor setelah mendirikan badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Proses pembuatan BUT tersebut memang cukup lama.

Meski sudah mendapat izin prinsip sejak Maret 2017, raksasa media sosial itu masih harus menunggu dan menyesuaikan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang dikeluarkan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Tiga ruang dengan nama permainan di Indonesia

Kantor baru Facebook di Indonesia, mengambil setengah dari satu lantai 49 di gedung Capital Place. Saat ini, kantor tersebut memiliki tiga ruang pertemuan yang masing-masing diberi nama berdasarkan permainan tradisional Indonesia, seperti Balap Karung dan Congklak.

Saat berkunjung, baru dua ruangan pertemuan saja yang tertata dan difungsikan. Sedangkan satu ruangan lagi masih dipakai sebagai ruang penyimpanan.

Ruang pertemuan itu diletakkan di pojok, berada dekat dengan aula terbuka dan kantin yang menyediakan makan dan minum untuk karyawan. Di kantin tersebut juga terdapat Facebook Wall yang merupakan salah satu dekorasi khas perusahaan.

Sementara itu, dinding-dinding sekitar aula pertemuan hingga ruang workshop dihiasi oleh mural karya seniman Indie Guerilla dan Agung Prabowo. Ada juga sofa yang diletakkan di sudut-sudut dekat jendela, atau dinding bertempelkan kutipan pemberi semangat.

 

Sumber : Kompas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s